Home » » Umar Khayyam

Umar Khayyam

Written By Gema Private Solution on Tuesday, August 19, 2014 | 6:13 AM

Umar Khayyam dilahirkan di Naisaphur, Ibukota Khurasan. Nama Asli beliua ialah Ghiyatsuddin Abul fatah 'Umar bin Ibrahim al-Khayyam. Khayyam berarti "pembuat tenda" dalam bahasa Persia. Beliau lahir sekitar tahun 429 H/1038 M. 


Beliau terkenal sebagai seorang matematikawan dan  astronom yang memperhitungkan bagaimana mengoreksi kalender Persia. Pada 15 Maret 1079, Sulthan Jalaluddin Malik Syah Saljuqi  memberlakukan kalender yang telah diperbaiki Umar.
Beliau Juga terkenal karena menemukan metode memecahkan persamaan kubik dengan memotong sebuah parabola dengan sebuah lingkaran.
Keahlian beliau dibidang astronomi terbukti Pada tahun 1073. Saat itu, Malik-Syah, mengundang Khayyam untuk membangun dan bekerja pada sebuah observatorium, bersama-sama dengan sejumlah ilmuwan terkemuka lainnya. Akhirnya, Khayyam dengan sangat akurat (mengoreksi hingga enam desimal di belakang koma) mengukur panjang satu tahun sebagai 365,24219858156 hari.
Namun sangat disayangkan, Filsafat atau kepercayaan Umar Khayyam agak berbeda dengan dogma-dogma umum Islam. Tidak jelas apakah beliau percaya akan kehadiran Allah atau tidak, namun beliau menolak pemahaman bahwa setiap kejadian dan fenomena adalah akibat dari qudrah ilahi. Beliau pun tidak percaya akan Hari Kiamat atau ganjaran serta hukuman setelah kematian.
Jika benar beliau berakidah seperti demikian, berarti beliau telah menjadi kafir, tapi beliau tetap dikenal sebagai Ilmuwan muslim.
 
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Postingan Terpopuler

×

Powered By Facebook and Get This Widget

Bagaimana pendapat mu tentang blog ini ?

Powered by Blogger.
 
Support : Aritmatika '10 | Len Phi | Indonesia Belajar
Copyright © 2013. Gema Private Solution - All Rights Reserved
Published by Dayat Super