Home » » Pengantar Metode Simpleks

Pengantar Metode Simpleks

Written By Gema Private Solution on Monday, October 6, 2014 | 1:36 AM



Oleh : Admin Gema
            Assalamualaikum, Sobat Blogger. Apa kabar kalian semua? Alhamdulillah, kita telah selesai merayakan hari raya Qurban dengan damai dan penuh hikmat. Mudah-mudahan kita dapat mengambil hikmat dari perayaaan Idul Adha kemarin dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari menuju ketakwaan yang hakiki.Amin ya Rabb.
Pada kesempatan kali ini admin mau share tentang suatu metode yang sangat ampuh digunakan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan matematika khususnya program linear. Metode yang sudah tidak asing lagi itu adalah “Metode Simpleks”.  Dalam program linear kita dihadapkan pada penentuan solusi optimal dari sebuah persoalan. Untuk menentukan solusi optimal program linear ini kita akan menggunakan metode simpleks. Nah, apakah metode simpleks itu? Simaklah pembahasaannya dibawah ini :

Pengertian Metode Simpleks
            Metode simpleks dapat diartikan sebagai suatu cara dalam menentukkan solusi optimal program linear yang dilakukan dengan memeriksa titik ekstrim satu per satu menggunakan perhitungan iteratif (tahap demi tahap). Metode simpleks ini didasarkan pada teknik eliminasi Gauss-Jordan. Teknik Eliminasi Gauss-Jordan telah dibahas tuntas di Aljabar Linear.
Beberapa Istilah dalam Metode Simpleks
Iterasi, adalah tahapan perhitungan yang tergantung pada tahapan sebelumnya.
Variabel Non-Basis, adalah variabel yang nilainya diatur menjadi nol.
Variabel Basis, adalah variabel yang nilainya bukan nol.
Solusi atau Nilai Kanan, adalah nilai sumber daya pembatas yang masih tersedia.
Variabel Slack, adalah variabel yang ditambahkan pada model matematika kendala untuk mengkonversi relasi lebih kecil sama dengan ke relasi sama dengan.
Variabel Surplus, adalah variabel yang dikurangkan pada model matematika kendala untuk mengkonversi relasi lebih besar sama dengan ke relasi sama dengan.
Variabel Buatan, adalah variabel yang ditambahkan pada model matematika kendala dengan bentuk lebih besar sama dengan atau sama dengan untuk difungsikan sebagai variabel basis awal.
Kolom Pivot/Kolom Kerja, adalah kolom yang memuat variabel masuk
Baris Pivot, adalah baris yang memuat variabel keluar.
Elemen Pivot, adalah elemen yang terletak pada perpotongan antara baris pivot dan kolom pivot.
Variabel Masuk, adalah variabel yang terpilih untuk menjadi variabel basis pada iterasi berikutnya.
Variabel Keluar, adalah variabel yang keluar dari variabel basis pada iterasi berikutnya dan digantikan oleh variabel masuk.

Sebelum melakukan perhitungan iteratif kita akan terlebih dulu membuat bentuk baku metode simpleks.  Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam membuat bentuk baku metode simpleks, antara lain :


Bagaimana? Apakah sudah dipahami sampai di sini? Untuk lebih jelasnya ikuti terus pembahasannya. Ikuti pembahasan selanjutnya tentang membuat bentuk baku metode simpleks, alur penyelesaian metode simpleks dan contoh kasus metode simpleks.
Sumber Pustaka :
Akib, Irwan. 2010. Program Linier.Makassar : Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan, Unismuh Makassar.
Siringoringo, Hotniar. 2005. Seri Teknik Riset Operasional : Pemrograman Linear. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Berikan komentar anda (sobat blogger) jika artikel ini bermanfaat demi kemajuan blog ini. Terima kasih atas kunjungannya.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Postingan Terpopuler

×

Powered By Facebook and Get This Widget

Bagaimana pendapat mu tentang blog ini ?

Powered by Blogger.
 
Support : Aritmatika '10 | Len Phi | Indonesia Belajar
Copyright © 2013. Gema Private Solution - All Rights Reserved
Published by Dayat Super