Home » » Angka Korelasi : Pengertian, Lambang, Besar, Tanda & Sifatnya

Angka Korelasi : Pengertian, Lambang, Besar, Tanda & Sifatnya

Written By Gema Private Solution on Friday, August 29, 2014 | 6:49 PM


Pengertian
Angka korelasi sering disebut dengan angka indeks korelasi (coefficient of correlation). Angka indeks korelasi sendiri diartikan sebagai suatu angka yang dapat dijadikan petunjuk untuk mengetahui seberapa besar kekuatan korelasi di antara variabel yang sedang diselidiki korelasinya.

Lambang
Lambang angka korelasi/angka indeks korelasi ada 3 macam antaranya :
rxy sebagai lambang koefisien korelasi pada teknik korelasi Product Moment,  (Rho) sebagai lambang koefisien korelasi pada teknik korelasi tata jenjang dan  (Phi) sebagai lambang koefisien korelasi pada teknik korelasi Phi C .

Besar  dan Tandanya
Angka korelasi besarnya antara 0 sampai plus minus 1. Nol adalah angka korelasi terendah dan 1 adalah angka korelasi tertinggi. Jika dalam perhitungan diperoleh besar angka korelasi lebih besar dari plus minus 1 maka hasil perhitungannya salah. Dalam korelasi antara X dan Y kita juga mengenal tanda positif/plus artinya korelasinya positif / korelasi searah. Sedangkan jika angka korelasi bertanda negatif/minus artinya korelasinya negatif / korelasi berlawanan arah.

Sifat
Angka korelasi yang diperoleh dari proses perhitungan sifatnya relatif,  yaitu angka yang fungsinya melambangkan indeks hubungan antara variabel yang dicari korelasinya. Sebagai contoh, misalkan angka korelasi antara X dan Y = 0,75, sedangkan angka korelasi antara Y dan Z = 0,25. Disini tidak dapat kita menuliskan bahwa angka korelasi antara X dan Y = 3 kali angka korelasi antara Y dan Z. 

Sumber : Pengantar Statistik Pendidikan karya Prof. Drs. Anas Sudijono.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Postingan Terpopuler

×

Powered By Facebook and Get This Widget

Bagaimana pendapat mu tentang blog ini ?

Powered by Blogger.
 
Support : Aritmatika '10 | Len Phi | Indonesia Belajar
Copyright © 2013. Gema Private Solution - All Rights Reserved
Published by Dayat Super