Home » » Perbedaan Statistika dan Statistik

Perbedaan Statistika dan Statistik

Written By Gema Private Solution on Saturday, September 27, 2014 | 8:24 AM


Secara etimologis (ilmu bahasa) kata “statistika” berasal dari bahasa Latin,
yaitu status atau statista yang artinya “negara”. Pada mulanya, statistika (status atau statista) digunakan untuk urusan yang berkaitan dengan negara, seperti : penerimaan pajak, jumlah penduduk, mobilisasi tentara atau prajurit perang.
            Seiring dengan perkembangan zaman, statistika tidak hanya digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan negara. Namun, telah banyak digunakan diberbagai bidang ilmu pengetahuan seperti: biologi, sosiologi, ekonomi, teknik, psikologi dan sebagainya.
            Setiap penelitian tentu dimulai dengan mengumpulkan data di lapangan, data yang telah terkumpul kemudian dianalisis atau diolah, dan selanjutnya masuk ketahap penarikan kesimpulan. Prosedur-prosedur yang demikian itu kemudian disebut statistika. Dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa statistika adalah metode ilmiah yang mempelajari tentang cara pengumpulan data, penyajian data, pengolahan data dan penarikan kesimpulan untuk membantu pengambilan keputusan yang efektif.
            Data yang diperoleh dilapangankan biasanya berupa angka-angka atau bentuk lainnya. Data-data tersebut disusun, diatur atau disajikan dalam bentuk tabel atau diagram dengan tujuan memperjelas permasalahan yang sedang dihadapi. Kegiatan seperti inilah yang disebut statistik. Dengan demikian, statistik adalah kumpulan data yang berupa angka-angka atau bentuk lainnya disusun dalam bentuk tabel, diagram atau grafik yang menggambarkan suatu persoalan. Misalnya : statistik pendidikan, statistik pertanian, statistik penduduk dan sebagainya.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Postingan Terpopuler

×

Powered By Facebook and Get This Widget

Bagaimana pendapat mu tentang blog ini ?

Powered by Blogger.
 
Support : Aritmatika '10 | Len Phi | Indonesia Belajar
Copyright © 2013. Gema Private Solution - All Rights Reserved
Published by Dayat Super