Home » » Matematikawan Indonesia Angkatan Pertama

Matematikawan Indonesia Angkatan Pertama

Written By Gema Private Solution on Sunday, January 18, 2015 | 4:05 AM

Matematikawan pertama dari Indonesia adalah Dr. G.S.S.J. Ratu Langie (alm.), yang lebih dikenal sebagai Dr. Sam Ratulangi, asal Sulawesi Utara. Ia belajar di University of Zurich, Swiss, dan meraih gelar doktor dalam bidang matematika pada tahun 1919.

http://id.wikipedia.org/wiki/Sam_Ratulangi

Prof. Dr. Moedomo Soedigdomarto (lahir di Magetan, Provinsi Jawa Timur, 29 November 1927 – meninggal di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, 5 November 2005 pada umur 77 tahun) adalah seorang tokoh pendidikan dan penelitian serta guru besar Matematika Institut Teknologi Bandung.

http://id.wikipedia.org/wiki/Moedomo_Soedigdomarto
Moedomo Soedigdomarto (alm.) meraih gelar doktor dalam bidang matematika murni dari University of Illinois, Amerika Serikat. Beliau juga menjadi dosen di FMIPA ITB hingga awal tahun 2000-an. Sekembalinya dari Amerika Serikat pada tahun 1961 di usianya yang ke-34, Moedomo diangkat sebagai guru besar ITB. Ia telah berkontribusi banyak terhadap ITB dengan sistem akademiknya. Pendidikan S1 dengan waktu 4,5 tahun merupakan salah satu gagasannya yang kemudian diterapkan juga oleh perguruan tinggi lain, dan kemudian diperpendek lagi menjadi 4 tahun seperti sekarang. Paper pertama karya putra Indonesia adalah paper berjudul Radon-Nykodim theorems for Bochner and Pettis integrals“, yang ditulis oleh Moedomo Soedigdomarto dan J.J. Uhl Jr. dan dipublikasikan di Pacific Journal of Mathematics pada tahun 1971. Beliau merupakan dokter matematika ketiga Indonesia.

Sumber :  

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Postingan Terpopuler

×

Powered By Facebook and Get This Widget

Bagaimana pendapat mu tentang blog ini ?

Powered by Blogger.
 
Support : Aritmatika '10 | Len Phi | Indonesia Belajar
Copyright © 2013. Gema Private Solution - All Rights Reserved
Published by Dayat Super