Home » » Sepasang Bilangan yang Bersahabat

Sepasang Bilangan yang Bersahabat

Written By Gema Private Solution on Sunday, February 8, 2015 | 5:00 PM



Kamu pasti punya sahabat, dan setiap manusia pasti memiliki seseorang yang dianggapnya penting dalam hidup, dialah sahabat. Sahabat adalah orang yang mengerti kita, paham akan kekurangan dan kelebihan kita, dan mau saling berbagi diwaktu sempit maupun lapang. Sosok sahabat ternyata tidak hanya dikenal di dunia manusia. Dunia bilangan pun mengenal sosok sahabat, setiap bilangan memiliki sahabatnya masing-masing. Bilangan-bilangan yang saling bersahabat itu dikenal dengan sebutan bilangan bersahabat.

Sepasang bilangan yang bersahabat merupakan dua buah bilangan yang apabila semua faktor dari bilangan yang satu dijumlahkan maka hasilnya bilangan yang lainnya. Bilangan A dan B dikatakan bersahabat jika semua faktor dari bilangan A dijumlahkan maka hasilnya adalah bilangan B.

Sebagai contoh : Bilangan 220 bersahabat dengan bilangan 284 dikarenakan semua faktor dari 220, yaitu : 1, 2, 4, 5, 10, 11, 20, 22, 44, 55, dan 110. Jika semua faktor dari 220 tersebut dijumlahkan maka hasilnya adalah 284. Dapatkah kamu mencari beberapa pasang bilangan yang saling bersahabat?

Sumber :
Prabowo, Agung. 2013. Matematika Menguak Indahnya Bilangan. Klaten : Intan Pariwara.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Postingan Terpopuler

×

Powered By Facebook and Get This Widget

Bagaimana pendapat mu tentang blog ini ?

Powered by Blogger.
 
Support : Aritmatika '10 | Len Phi | Indonesia Belajar
Copyright © 2013. Gema Private Solution - All Rights Reserved
Published by Dayat Super