Home » » Jenis-Jenis Statistika

Jenis-Jenis Statistika

Written By Gema Private Solution on Saturday, September 27, 2014 | 8:33 AM


Secara umum statistika dapat dibagi atas dua, yaitu : statistika teoritis dan statistika terapan. Statistika teoritis membahas tentang teorema-teorem atau penurunan dalil-dalil, menciptakan model secara matematis misalnya rumus rata-rata, rumus regresi linear sederhana dan lain-lain. Sedangkan, statistika terapan membahas mengenai cara menggunakan atau mengaplikasikan rumus-rumus yang telah diperoleh melalui statistika teoritis.
            Statistika terapan dibagi atas dua macam berdasarkan tujuan pengolahan data, yaitu : statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika deskriptif adalah statistika yang membahas tentang cara pengumpulan data dan penyajian data sehingga mudah untuk dipahami dan memberikan informasi yang berguna. Statistika deskriptif hanya berfungsi menguraikan dan menerangkan keadaan semenarik mungkin tanpa menarik kesimpulan. Statistika deskriptif akan menghasilkan ukuran-ukuran sampel atau sering disebut statistik. Sedangkan, untuk ukuran-ukuran populasi disebut parameter. Ruang lingkup yang dibahas dalam statistika deskriptif, antara lain : distribusi frekuensi, tabel dan grafik, ukuran gejala pusat, ukuran letak, ukuran simpangan dan korelasi sederhana. Beda halnya dengan statistika inferensial yang membahas tentang cara melakukan analisis, menaksir, meramalkan dan menarik kesimpulan terhadap data, fakta dan fenomena berdasarkan sampel yang diambil secara random (acak) dari populasi. Ruang lingkup pembahasan statistika inferensial sendiri meliputi : analisis korelasi sederhana, uji rata-rata, analisis regresi linear sederhana, analisis varians, analisis kovarians, uji tanda, uji ranking dan uji median.
            Berdasarkan asumsi distribusi populasi atau parameter data yang dianalisis maka statistika dapat dibedakan menjadi statistika parametrik dan statistika nonparametrik. Statistika parametrik adalah teknik statistika yang parameternya berdasarkan model distribusi normal dan variansinya homogen. Sedangkan, statistika nonparametrik adalah teknik statistika yang parameternya tidak berdasarkan model distribusi tertentu dan variansinya tidak harus homogen atau bebas distribusi.
            Berdasarkan variabel terikat yang dianalisis maka statistika dapat dibedakan menjadi statistika univariat, statistika bivariat dan statistika multivariat. Statistika univariat hanya melibatkan satu variabel terikat terlepas dari berapa pun banyaknya variabel bebasnya. Sedangkan, statistika multivariat melibatkan lebih dari satu variabel terikat.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Postingan Terpopuler

×

Powered By Facebook and Get This Widget

Bagaimana pendapat mu tentang blog ini ?

Powered by Blogger.
 
Support : Aritmatika '10 | Len Phi | Indonesia Belajar
Copyright © 2013. Gema Private Solution - All Rights Reserved
Published by Dayat Super